RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Tingkat Pendidikan :
SD Sanata Dharma
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : VI / 2
Alokasi Waktu : (3x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
Berbicara
1.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan
membaca puisi
B.
Kompetensi Dasar
6.3 Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
C. Indikator
1.
Kognitif:
a.
Produk
6.3.1
Menulis puisi hasil
karya sendiri.
b.
Proses:
6.3.2
Mengidentifikasi tata cara membaca
puisi.
6.3.3
Memahami isi puisi.
2. Afektif :
6.3.4
Memiliki sikap
percaya diri dalam membaca puisi.
6.3.5
Menghargai teman yang sedang membacakan puisi di depan kelas.
3. Psikomotor:
6.3.6
Menyampaikan puisi karya sendiri dengan kalimat yang runtut
secara lisan, serta dengan ekspresi yang tepat.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
a.
Produk:
6.3.1
Siswa
mampu menulis sebuah puisi hasil karya sendiri melalui pengamatan di lingkungan
sekitar dengan benar.
b.
Proses:
6.3.2 Siswa mampu mengidentifikasi beberapa tata cara
membaca puisi melalui pengamatan dan diskusi dari teks puisi yang ditayangkan
dengan benar.
6.3.3 Siswa mampu memahami semua isi puisi melalui
diskusi dengan benar.
2.
Afektif:
6.3.4 Siswa mampu menunjukkan 1 sikap percaya
diri dalam membaca puisi di depan teman-teman sekelas.
6.3.5 Siswa
mampu menghargai semua teman yang
sedang membacakan puisi di depan kelas dengan cerma.
3. Psikomotor:
6.3.6 Siswa mampu membacakan puisi hasil karyanya sendiri di depan kelas dengan
percaya diri.
E.
Materi
Pembelajaran
·
Pengertian puisi
·
Tata cara membaca
puisi
F.
Model dan MetodePembelajaran
1. Model Pembelajaran :
Pembelajaran Kooperatif (Discovery)
2. Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan.
G.
Media, Alat dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media
a. Papan
tulis
b. LCD
c. Lembar
Kerja Siswa
d. Buku
Referensi
e. Papan bergambar
2.
Alat
a. Alat
Tulis
3.
Sumber
Nur’aini Umri, Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia jilid 6 untuk SD dan MI kelas VI. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Warsidi Edi, Farika. 2008. Bahasa Indonesia membuatku
cerdas 6 untuk SD
dan MI kelas VI. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sukini, Iskandar. 2008. Bahasa Indonesia 6 untuk SD dan MI kelas VI. Jakarta :Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
KegiatanAwal
a. Guru
memberikan salam kepada siswa.
b. Sebelum
memulai kegiatan pembelajaran,
guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa di depan kelas.
c. Guru
menanyakan kabar siswa.
d. Guru
melakukan presensi kehadiran.
e. Motivasi:
Puisi
(Nada
lagu “Halo-halo Bandung”)
Ayo kawan-kawan
Kita menulis puisi
Cepat-cepatlah kawan
Aku sudah tak sabar
Tuk menulis puisi, merangkai
kata bermakna
Sekarang akan kubacakan
puisinya
Di depan teman-teman
f. Apersepsi
: Guru bertanya kepada siswa.
-
Apa isi dari lagu
tersebut?
-
Apakah
kalian pernah membaca puisi?
-
Apakah ada
perbedaan antara membaca puisi dan membaca teks bacaan ?
-
Apakah ada
tata cara dalam membaca puisi ?
g. Orientasi
:
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
2.
Kegiatan
Inti (berbasis
EEK {eksploratif, elaborasi, dan konfirmasi)
a.
Guru menanya
siswa terkait dengan puisi (eksplorasi):
- Apa puisi itu?
b.
Siswa memperkirkan
jawaban dari pertanyaan guru.
(elaborasi)
c.
Guru
memberikan penguatan terkait dengan pengertian puisi.
d.
Guru menayangkan
sebuah video seseorang sedang membacakan sebuah puisi dengan ekspresi, lafal,
dan intonasi yang baik.
e.
Siswa
diminta untuk mengamati video tersebut. (eksplorasi)
f.
Guru menanyakan
pada siswa (eksplorasi):
-
Dari
tayangan video tersebut, kira-kira apa yang kita butuhkan dalam membaca puisi
?
g.
Siswa
memperkirakan jawaban terkait dengan pertanyaan dari guru. (elaborasi)
h.
Guru membagi
siswa kedalam empat kelompok untuk mendiskusikan tata cara membaca puisi dan
isi puisi dalam tayangan video.
i.
Guru
membagikan LKS dan materi tata cara membaca puisi.
j.
Siswa mengerjakan
LKS terkait dengan menyebutkan tata cara membaca puisi dan menjelaskan isi puisi
dari video yang telah diamati. (konfirmasi)
k.
Salah satu
kelompok membacakan hasil diskusi pada LKS. (konfirmasi)
l.
Guru memberikan
penguatan dengan menjelaskan kembali unsur-unsur dalam membaca puisi.
m.
Guru meminta siswa untuk
mengambil nomor undian.
n.
Siswa membuka amplop
bernomor sesuai nomor yang diperoleh.
o.
Siswa mengamati gambar
yang ada dalam amplop. (eksplorasi)
p.
Siswa menentukan
judul puisi yang akan dibuat dari hasil pengamatan. (elaborasi)
q.
Siswa diminta oleh guru
untuk membuat puisi sesuai gambar yang diperoleh dengan kreativitas sendiri. (konfirmasi)
r.
Guru meminta
siswa maju ke depan kelas untuk membacakan puisi hasil karyanya dan siswa
lainnya yang tidak membacakan puisi memberikan komentar terkait dengan tata
cara membaca puisi.
s.
Siswa
membacakan puisi hasil karyanya dengan memperhatikan intonasi, lafal, suara,
dan ekspresi. (konfirmasi)
t.
Guru dan
siswa lainnya memberikan komentar kepada siswa yang telah membacakan puisi
hasil karyanya.
|
80 menit
|
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil dari pembelajaran yang telah dilakukan.
b. Siswa
mengerjakan post test.
(konfirmasi)
c. Siswa
melakukan refleksi yang diarahkan oleh guru
d. Guru
memberikan tindak lanjut pada siswa dengan meminta mereka untuk mencari sebuah teks puisi pada
surat kabar dan memintanya untuk menuliskan isi dari puisi tersebut.
e. Semua siswa berdoa dengan dipimpin oleh salah satu
siswa di depan kelas.
f. Siswa mengucapkan salam.
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis
teknik penilaian
a.
Penilaian
kognitif
a) Penilaian Produk :
Non tes (penilaian produk)
b) Penilaian Proses :
Non tes
b.
Penilaian Sikap ( Afektif)
a) Penilai
Sikap Sosial: Non tes (percaya diri dan mengahargai terhadap teman).
c.
Penilaian
Psikomotor
a) Unjuk kerja : Non
tes (lisan)
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
kognitif
a) Penilaian Produk :
Rubrik menulis puisi
b) Penilaian Proses :
Checklist dikusi
b.
Penilaian Sikap ( Afektif)
a) Penilai
Sikap Sosial: Skala sikap percaya diri dan mengahargai terhadap teman).
c.
Penilaian
Psikomotor
a) Unjuk kerja : Rubrik
membaca puisi
3.
Pedoman
penskoran (terlampir)
Lampiran Penilaian
1.
Penilaian
kognitif
a) Penilaian Kognitif Produk: Rubrik menulis puisi hasil
karya sendii
Indikator
|
6.3.1
Menulis
puisi hasil karya sendiri.
|
Teknik Penilaian
|
Non tes (penilaian produk)
|
Instrumen
|
Tugas:
Menulis
puisi karya sendiri dengan tema lingkungan sekitar berdasarkan hasil
pengamatan siswa.
|
Rubrik Penilaian menulis puisi hasil karya sendiri
Aspek
|
Kritreria
|
||
Sangat Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi
|
Siswa mampu membuat puisi dengan unsur yang sudah dijelaskan dan isinya
berkesinambungan, juga bahasa yang digunakan sederhana namun jelas
maknanya
|
Siswa kurang mampu membuat puisi dengan unsur yang sudah dijelaskan dan
isinya kurang berkesinambungan, juga bahasa yang digunakan sederhana namun
kurang jelas maknanya
|
Siswa tidak
mampu membuat puisi dengan unsur yang sudah dijelaskan dan isinya tidak
berkesinambungan, juga bahasa yang digunakan sederhana namun tidak jelas
maknanya
|
No.
|
Nama Siswa
|
Menulis Puisi
|
||
Sangat Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
b)
Penilaian Kognitif Proses:
Berdiskusi
Indikator
|
6.2.3
Mengidentifikasi tata cara membaca puisi.
6.2.4
Memahami isi
puisi.
|
Teknik Penilaian
|
Non test (diskusi)
|
Instrumen
|
Tugas:
Mengidentififasi
beberapa unsur-unsur dalam membaca puisi dan memahami isi puisi.
|
Contoh Lembar Observasi
Diskusi Kelompok
Nama peserta didik: ________ Kelas: _____
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Baik
|
Tidak
baik
|
1.
|
Kemampuan
mengidentififasi beberapa unsur-unsur dalam membaca
puisi dan memahami isi puisi.
|
|
|
2.
|
Kemampuan
memahami isi puisi.
|
|
|
Skor
yang dicapai
|
|
||
Skor
maksimum
|
|
Keterangan
:
Baik mendapat skor 1
Tidak baik
mendapat skor 0
2.
Penilan Sikap ( Afektif)
a) Penilai
Sikap Sosial: Skala sikap percaya
diri dan mengahargai terhadap teman.
Indikator
|
6.3.1
Memiliki
sikap percaya diri dalam membaca puisi.
6.3.2
Menghargai teman yang sedang membacakan puisi di depan
kelas.
|
Teknik
Penilaian
|
Non tes (penilaian guru)
|
Instrumen
|
Menghargai teman yang sedang membacakan puisi di depan kelas.
Percaya diri ketika membaca puisi di depan kelas.
|
Skala penilaian sikap percaya diri dan menghargai teman
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
Sikap percaya diri
|
Sangat menonjol
|
Belum menonjol
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
Menghargai
|
Sangat menonjol
|
Belum menonjol
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
No
|
Nama
|
Percaya diri
|
Menghargai
|
|||||||
BT
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Penilaian
Psikomotor
a)
Unjuk kerja: Rubrik membaca puisi
Indikator
|
6.3.6 Siswa
mampu membacakan puisi hasil karyanya sendiri di depan kelas
dengan percaya diri.
|
Teknik Penilaian
|
Unjuk Kerja (lisan)
|
Instrumen
|
Tugas:
Membacakan
puisi hasil karya sendiri di depan kelas.
|
a. Penilaia
Rubrik Membaca Puisi di Depan Kelas
Aspek
|
Kritreria
|
||
Sangat Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
3
|
2
|
1
|
|
Intonasi
|
Siswa membacakan puisi dengan intonasi yang jelas dan penuh percaya diri
|
Siswa membacakan puisi dengan intonasi yang kurang jelas dan kurang
percaya diri serta membacakannya secara terburu-buru
|
Siswa
membacakan puisi dengan intonasi yang sama sekali tidak jelas dan tidak
percaya diri
|
Lafal
|
Lafal dalam membaca siswa jelas dan ada dinamika penekanan dalam membaca
|
Lafal dalam membaca siswa kurang jelas dan masih ada dinamika penekanan
dalam membaca yang kurang
|
Lafal dalam
membaca siswa tidak jelas dan tidak
ada dinamika penekanan dalam membaca
|
Ekspresi
|
Siswa membacakan puisidengan ekspresi yang tepat dan penuh penghayatan
|
Siswa membacakan puisidengan ekspresi yang tepat dan namun masih kurang
penghayatan
|
Siswa
membacakan puisidengan ekspresi yang kurang tepat dan tidak adanya
penghayatan
|
No.
|
Nama Siswa
|
Membaca Puisi
|
Jumlah
Skor
|
||
Aspek yang dinilai
|
|||||
Intonasi
|
Lafal
|
Ekspresi
|
|||
Skor
|
Skor
|
Skor
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
Lampiran Materi
A. Pengertian Puisi
Puisi adalah karangan yang bentuknya terikat dan bahasanya
pekat. Bentuknya terikat karena ada bait, jumlah larik tiap bait, adanya
sajak/persamaan bunyi, dan irama atau pertentangan bunyi.
B. Hal-hal yang perl di perhatikan dalam membaca puisi
1.
Ketepatan Ekspresi/Mimik
Ekpresi
adalah pernyataan perasaan hasil penjiwaan puisi. Mimik adalah gerak air muka. Ekspresi bisa
bermacam-macam, bisa ekspresi menangis saat sedih, ekspresi tertawa saat
senang, dan ekspresi bingung saat bingung/
Cara-cara berekspresi yang tepat
saat membaca puisi, yaitu sebagai berikut.
a.
Memahami isi puisi
Kamu akan lebih mudah memahami
isi puisi jika puisi yang kamu baca adalah karya kamu sendiri. Suasana hati
saat membuat puisi, dapat mempengaruhi hasil puisi/
b.
Berdirilah dengan tenang sebelum membaca puisi.
c.
Bacalah dengan ekspresi yang tepat.
Ekspresi membaca
puisi dari ekspresi wajah, contohnya ekspresi sedih bisa dilakukan dengan
menangis, Bila menangis jangan sampai bersuara, cukup meneteskan air mata.
2.
Kinesik yaitu gerak
anggota tubuh seperti ketika burung terbang bisa diekspresikan dengan tangan
melambai-lambai, sakit hati bisa diekspresikan tangan memegang dada, pergi jauh
bisa diekspresikan tangan menunjuk ke depan. Saat membaca puisi, kamu jangan
berekspresi yang berlebihan karena akan menghilangkan konsentrasi. Jika menirukan
burung terbang, jangan sampai berlari-lari ke sana-ke sini, cukup tangan kamu
yang melambai-lambai.
3.
Kejelasan
artikulasi, Artikulasi yaitu ketepatan dalam melafalkan kata- kata.
4.
Timbre yaitu warna
bunyi suara (bawaan) yang dimilikinya.
5.
Irama puisi artinya
panjang pendek, keras lembut, tinggi rendahnya suara.
6.
Intonasi atau lagu
suara
Lampiran
LKS
Kelompok :
Nama :
No.
Absen :
Diskusikanlah soal dibawah ini !
1
Apa
isi dari puisi yang ada pada tayangan video?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2
Apa
amanat dalam puisi tersebut ?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3
Apa
saja hal-hal yang diperlukan dalam membaca puisi?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
Post Test
1.
Jelaskan pengertian
ekspresi!
............................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Jelaskan pengertian Kinesik!
............................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Jelaskan pengertian Artikulasi
............................................................................................................................................................................................................................................................................
4.
Jelaskan pengertian
Timbre!
............................................................................................................................................................................................................................................................................
5.
Jelaskan pengertian
Irama puisi!
............................................................................................................................................................................................................................................................................
6.
Jelaskan pengertian Intonasi!
............................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar