Kamis, 28 Mei 2015

Contoh RPP kurikulum KTSP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Tingkat Pendidikan : SD Sanata Dharma
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                     : VI / 2
Alokasi Waktu                       : (3x35 menit)

A.    Standar Kompetensi
Berbicara
1.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan membaca puisi

B.     Kompetensi Dasar
6.3  Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat

C.    Indikator
1.      Kognitif:
a.        Produk
6.3.1        Menulis puisi hasil karya sendiri.

b.        Proses:
6.3.2        Mengidentifikasi tata cara membaca puisi.
6.3.3        Memahami isi puisi.

2.      Afektif :
6.3.4        Memiliki sikap percaya diri dalam membaca puisi.
6.3.5        Menghargai teman  yang sedang membacakan puisi di depan kelas.



3.      Psikomotor:
6.3.6        Menyampaikan puisi karya sendiri dengan kalimat yang runtut secara lisan, serta dengan ekspresi yang tepat.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.                                                                            Kognitif
a.      Produk:
6.3.1        Siswa mampu menulis sebuah puisi hasil karya sendiri melalui pengamatan di lingkungan sekitar dengan benar.
b.      Proses:
6.3.2   Siswa mampu mengidentifikasi beberapa tata cara membaca puisi melalui pengamatan dan diskusi dari teks puisi yang ditayangkan dengan benar.
6.3.3  Siswa mampu memahami semua isi puisi melalui diskusi dengan benar.
2.                                                                            Afektif:
6.3.4   Siswa mampu menunjukkan 1 sikap percaya diri dalam membaca puisi di depan teman-teman sekelas.
6.3.5   Siswa mampu menghargai semua teman yang sedang membacakan puisi di depan kelas dengan cerma.
3. Psikomotor:
6.3.6   Siswa mampu membacakan puisi hasil karyanya sendiri di depan kelas dengan percaya diri.

E.     Materi Pembelajaran
·      Pengertian puisi
·      Tata cara membaca puisi
F.     Model dan MetodePembelajaran
1.      Model Pembelajaran             : Pembelajaran Kooperatif (Discovery)
2.      Metode Pembelajaran           : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan.
G.    Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
a.       Papan tulis
b.      LCD
c.       Lembar Kerja Siswa
d.      Buku Referensi
e.       Papan bergambar
2.      Alat
a.       Alat Tulis

3.      Sumber
Nur’aini Umri, Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia jilid 6 untuk SD dan MI kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Warsidi Edi, Farika. 2008. Bahasa Indonesia membuatku cerdas 6 untuk SD dan MI kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sukini, Iskandar. 2008. Bahasa Indonesia 6 untuk SD dan MI kelas VI. Jakarta :Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.



H.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
1.      KegiatanAwal
a.       Guru memberikan salam kepada siswa.
b.      Sebelum memulai kegiatan pembelajaran, guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa di depan kelas.
c.       Guru menanyakan kabar siswa.
d.      Guru melakukan presensi kehadiran.
e.       Motivasi:
Puisi
(Nada lagu “Halo-halo Bandung”)
Ayo kawan-kawan
Kita menulis puisi
Cepat-cepatlah kawan
Aku sudah tak sabar
Tuk menulis puisi, merangkai kata bermakna
Sekarang akan kubacakan puisinya
Di depan teman-teman
f.       Apersepsi : Guru bertanya kepada siswa.
-          Apa isi dari lagu tersebut?
-          Apakah kalian pernah membaca puisi?
-          Apakah ada perbedaan antara membaca puisi dan membaca teks bacaan ?
-          Apakah ada tata cara dalam membaca puisi ?
g.      Orientasi :
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
2.      Kegiatan Inti (berbasis EEK {eksploratif, elaborasi, dan konfirmasi)
a.              Guru menanya siswa terkait dengan puisi (eksplorasi):
-    Apa puisi itu?
b.             Siswa memperkirkan jawaban dari pertanyaan guru. (elaborasi)
c.              Guru memberikan penguatan terkait dengan pengertian puisi.
d.             Guru menayangkan sebuah video seseorang sedang membacakan sebuah puisi dengan ekspresi, lafal, dan intonasi yang baik.
e.              Siswa diminta untuk mengamati video tersebut. (eksplorasi)
f.              Guru menanyakan pada siswa (eksplorasi):
-          Dari tayangan video tersebut, kira-kira apa yang kita butuhkan dalam membaca puisi ?
g.             Siswa memperkirakan jawaban terkait dengan pertanyaan dari guru. (elaborasi)
h.             Guru membagi siswa kedalam empat kelompok untuk mendiskusikan tata cara membaca puisi dan isi puisi dalam tayangan video.
i.               Guru membagikan LKS dan materi tata cara membaca puisi.
j.               Siswa mengerjakan LKS terkait dengan menyebutkan tata cara membaca puisi dan menjelaskan isi puisi dari video yang telah diamati. (konfirmasi)
k.             Salah satu kelompok membacakan hasil diskusi pada LKS. (konfirmasi)
l.               Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan kembali unsur-unsur dalam membaca puisi.
m.           Guru meminta siswa untuk mengambil nomor undian.
n.             Siswa membuka amplop bernomor sesuai nomor yang diperoleh.
o.             Siswa mengamati gambar yang ada dalam amplop. (eksplorasi)
p.             Siswa menentukan judul puisi yang akan dibuat dari hasil pengamatan. (elaborasi)
q.             Siswa diminta oleh guru untuk membuat puisi sesuai gambar yang diperoleh dengan kreativitas sendiri. (konfirmasi)
r.               Guru meminta siswa maju ke depan kelas untuk membacakan puisi hasil karyanya dan siswa lainnya yang tidak membacakan puisi memberikan komentar terkait dengan tata cara membaca puisi.
s.              Siswa membacakan puisi hasil karyanya dengan memperhatikan intonasi, lafal, suara, dan ekspresi. (konfirmasi)
t.               Guru dan siswa lainnya memberikan komentar kepada siswa yang telah membacakan puisi hasil karyanya.
80 menit
3.      Kegiatan Penutup
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan hasil dari pembelajaran yang telah dilakukan.
b.      Siswa mengerjakan post test. (konfirmasi)
c.       Siswa melakukan refleksi yang diarahkan oleh guru
d.      Guru memberikan tindak lanjut pada siswa dengan meminta mereka untuk mencari sebuah teks puisi pada surat kabar dan memintanya untuk menuliskan isi dari puisi tersebut.
e.       Semua siswa berdoa dengan dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas.
f.       Siswa mengucapkan salam.
15 menit

H.    Penilaian
1.      Jenis teknik penilaian
a.      Penilaian kognitif
a)      Penilaian Produk     : Non tes (penilaian produk)
b)      Penilaian Proses       : Non tes

b.      Penilaian Sikap ( Afektif)
a)      Penilai Sikap Sosial: Non tes (percaya diri dan mengahargai terhadap teman).

c.       Penilaian Psikomotor
a)      Unjuk kerja  : Non tes (lisan)

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Penilaian kognitif
a)      Penilaian Produk     : Rubrik menulis puisi
b)      Penilaian Proses       : Checklist dikusi

b.      Penilaian Sikap ( Afektif)
a)      Penilai Sikap Sosial: Skala sikap percaya diri dan mengahargai terhadap teman).
c.       Penilaian Psikomotor
a)      Unjuk kerja  : Rubrik membaca puisi

3.      Pedoman penskoran (terlampir)
Lampiran Penilaian

1.      Penilaian kognitif
a)      Penilaian Kognitif Produk: Rubrik menulis puisi hasil karya sendii
Indikator
6.3.1                                                                                Menulis puisi hasil karya sendiri.

Teknik Penilaian
Non tes (penilaian produk)
Instrumen
 Tugas:
Menulis puisi karya sendiri dengan tema lingkungan sekitar berdasarkan hasil pengamatan siswa.









Rubrik Penilaian menulis puisi hasil karya sendiri
Aspek
Kritreria
Sangat Baik
Cukup
Kurang
3
2
1
Isi
Siswa mampu membuat puisi dengan unsur yang sudah dijelaskan dan isinya berkesinambungan, juga bahasa yang digunakan sederhana namun jelas maknanya 
Siswa kurang mampu membuat puisi dengan unsur yang sudah dijelaskan dan isinya kurang berkesinambungan, juga bahasa yang digunakan sederhana namun kurang jelas maknanya 
Siswa tidak mampu membuat puisi dengan unsur yang sudah dijelaskan dan isinya tidak berkesinambungan, juga bahasa yang digunakan sederhana namun tidak jelas maknanya 


No.
Nama Siswa
Menulis Puisi
Sangat Baik
Cukup
Kurang
3
2
1
1.




2.




3.





b)      Penilaian Kognitif Proses: Berdiskusi
Indikator
6.2.3        Mengidentifikasi tata cara membaca puisi.
6.2.4        Memahami isi puisi.

Teknik Penilaian
Non test (diskusi)
Instrumen
 Tugas:
Mengidentififasi beberapa unsur-unsur dalam membaca puisi dan memahami isi puisi.









Contoh Lembar Observasi Diskusi Kelompok
Nama peserta didik: ________ Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
  Baik
Tidak baik
1.
Kemampuan mengidentififasi beberapa unsur-unsur dalam membaca puisi dan memahami isi puisi.


2.
Kemampuan memahami isi puisi.


Skor yang dicapai

Skor maksimum

Keterangan :
Baik mendapat skor 1
Tidak baik mendapat   skor 0
2.      Penilan Sikap ( Afektif)
a)      Penilai Sikap Sosial: Skala sikap percaya diri dan mengahargai terhadap teman.
Indikator
6.3.1                                                                               Memiliki sikap percaya diri dalam membaca puisi.
6.3.2        Menghargai teman  yang sedang membacakan puisi di depan kelas.
Teknik Penilaian
Non tes (penilaian guru)
Instrumen
Menghargai teman yang sedang membacakan puisi di depan kelas.
Percaya diri ketika membaca puisi di depan kelas.

Skala penilaian sikap percaya diri dan menghargai teman
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
Sikap percaya diri
Sangat menonjol
Belum menonjol
Terlihat
Belum terlihat
Menghargai
Sangat menonjol
Belum menonjol
Terlihat
Belum terlihat

No
Nama
Percaya diri
Menghargai
BT
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1










2














3.      Penilaian Psikomotor
a) Unjuk kerja: Rubrik membaca puisi
Indikator
6.3.6   Siswa mampu membacakan puisi hasil karyanya sendiri di depan kelas dengan percaya diri.
Teknik Penilaian
Unjuk Kerja (lisan)
Instrumen
Tugas:
Membacakan puisi hasil karya sendiri di depan kelas.


a.       Penilaia
Rubrik Membaca Puisi di Depan Kelas
Aspek
Kritreria
Sangat Baik
Cukup
Kurang
3
2
1
Intonasi
Siswa membacakan puisi dengan intonasi yang jelas dan penuh percaya diri
Siswa membacakan puisi dengan intonasi yang kurang jelas dan kurang percaya diri serta membacakannya secara terburu-buru
Siswa membacakan puisi dengan intonasi yang sama sekali tidak jelas dan tidak percaya diri
Lafal
Lafal dalam membaca siswa jelas dan ada dinamika penekanan dalam membaca
Lafal dalam membaca siswa kurang jelas dan masih ada dinamika penekanan dalam membaca yang kurang
Lafal dalam membaca siswa tidak  jelas dan tidak ada dinamika penekanan dalam membaca
Ekspresi
Siswa membacakan puisidengan ekspresi yang tepat dan penuh penghayatan
Siswa membacakan puisidengan ekspresi yang tepat dan namun masih kurang penghayatan
Siswa membacakan puisidengan ekspresi yang kurang tepat dan tidak adanya penghayatan

No.
Nama Siswa
Membaca Puisi
Jumlah
Skor
Aspek yang dinilai
Intonasi
Lafal
Ekspresi
Skor
Skor
Skor
1.





2.





3.












   




Lampiran Materi
A. Pengertian Puisi
Puisi adalah karangan yang bentuknya terikat dan bahasanya pekat. Bentuknya terikat karena ada bait, jumlah larik tiap bait, adanya sajak/persamaan bunyi, dan irama atau pertentangan bunyi.

B. Hal-hal yang perl di perhatikan  dalam membaca puisi
1.      Ketepatan Ekspresi/Mimik
Ekpresi adalah pernyataan perasaan hasil penjiwaan puisi. Mimik adalah gerak air muka. Ekspresi bisa bermacam-macam, bisa ekspresi menangis saat sedih, ekspresi tertawa saat senang, dan ekspresi bingung saat bingung/
Cara-cara berekspresi yang tepat saat membaca puisi, yaitu sebagai berikut.
a.       Memahami isi puisi
Kamu akan lebih mudah memahami isi puisi jika puisi yang kamu baca adalah karya kamu sendiri. Suasana hati saat membuat puisi, dapat mempengaruhi hasil puisi/
b.      Berdirilah dengan tenang sebelum membaca puisi.
c.       Bacalah dengan ekspresi yang tepat.
Ekspresi membaca puisi dari ekspresi wajah, contohnya ekspresi sedih bisa dilakukan dengan menangis, Bila menangis jangan sampai bersuara, cukup meneteskan air mata.
2.      Kinesik yaitu gerak anggota tubuh seperti ketika burung terbang bisa diekspresikan dengan tangan melambai-lambai, sakit hati bisa diekspresikan tangan memegang dada, pergi jauh bisa diekspresikan tangan menunjuk ke depan. Saat membaca puisi, kamu jangan berekspresi yang berlebihan karena akan menghilangkan konsentrasi. Jika menirukan burung terbang, jangan sampai berlari-lari ke sana-ke sini, cukup tangan kamu yang melambai-lambai.
3.      Kejelasan artikulasi, Artikulasi yaitu ketepatan dalam melafalkan kata- kata.
4.      Timbre yaitu warna bunyi suara (bawaan) yang dimilikinya.
5.      Irama puisi artinya panjang pendek, keras lembut, tinggi rendahnya suara.
6.      Intonasi atau lagu suara


Lampiran LKS

Kelompok      :
Nama              :
No. Absen      :


Diskusikanlah soal dibawah ini !

1        Apa isi dari puisi yang ada pada tayangan video?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2        Apa amanat dalam puisi tersebut ?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3        Apa saja hal-hal yang diperlukan dalam membaca puisi?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................










Lampiran Post Test
1.      Jelaskan pengertian ekspresi!
............................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Jelaskan pengertian Kinesik!
............................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Jelaskan pengertian Artikulasi
............................................................................................................................................................................................................................................................................
4.      Jelaskan pengertian Timbre!
............................................................................................................................................................................................................................................................................
5.      Jelaskan pengertian Irama puisi!
............................................................................................................................................................................................................................................................................
6.      Jelaskan pengertian Intonasi!
............................................................................................................................................................................................................................................................................





Tidak ada komentar:

Posting Komentar